Cara Mudah Anak Mau Sikat Gigi

okezone.com
MERASA kesulitan memberikan edukasi menyikat gigi pada anak Anda? Jangan putus asa terlebih dahulu. Dengan sedikit pendekatan dan strategi, buah hati Anda pun bakal luluh dibuatnya.

Mengajarkan kebiasaan sikat gigi pada anak memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Meskipun aktivitas tersebut sangatlah sederhana, tak berarti bujukan yang dilakukan semudah yang dibayangkan. Jika tidak tepat dalam memberikan strategi, proses tersebut hanya bersifat sia-sia belaka. Padahal jika tidak dimulai sejak dini, gigi buah hati Anda pun terancam rapuh dan mudah terserang berbagai gangguan penyakit gigi lainnya.

Masa kanak-kanak merupakan masa efektif untuk mengenalkan kebiasaan menggosok gigi. Pasalnya dalam fase ini, masa pertumbuhan sedang berjalan dengan produktif. Alhasil, pertumbuhan gigi pun dapat terpantau dengan baik. Namun, jika Anda kesulitan dengan permasalahan dalam mengedukasi anak Anda, berikut ada beberapa strategi yang dapat dicoba seperti dituturkan Dr Zaura Anggraeni MDS selaku Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) pada acara peluncuran program “Live, Learn & Laugh” (LLL) dari Unilever yang bekerja sama dengan FDI di TK Patra 2, Komplek Pertamina, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2011).

Dr Zaura menyarankan kepada para orangtua tiga hal yang harus dilakukan agar kebiasaan gogok gigi dapat berjalan efektif. Pertama, sebaiknya orangtua membiasakan gosok gigi pada anak sejak awal, bahkan ketika buah hati Anda belum memiliki gigi yang lengkap sekalipun. Hal ini sangat penting untuk melatih daya adaptasi mereka ketika nantinya gigi sudah lengkap dan tingkat persentuhan dengan makanan kian tinggi dan kuman yang melekat makin banyak.

Kedua, sebaiknya jangan membiasakan untuk mengajak anak menggosok giginya ketika mereka dalam keadaan mengantuk pada malam hari. “Ajaklah buah hati Anda untuk pergi ke kamar mandi dan menggosok gigi saat mereka masih dalam keadaan ceria dan bersemangat,” ujarnya.

Ketiga, berilah contoh yang baik. Saat masih kanak-kanak mereka terbiasa dengan pola meniru. Karenanya, jadilah pencontoh yang baik bagi anak Anda.

“Berikanlah contoh menggosok gigi dengan gerakan yang benar pada buah hati sehingga mereka pun akan mengikutinya dengan baik. Terakhir, lakukan kebiasaan menyikat gigi secara teratur dua kali dalam sehari, yakni usai sarapan pagi dan sebelum beranjak tidur,” tutupnya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grocery Coupons